Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Game Ular Sederhana Menggunakan Python dan Pygame



Halo semua! Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat game ular sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python dan modul Pygame. Game ini merupakan variasi dari game ular klasik yang populer di kalangan penggemar game retro. Mari kita mulai!


Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menginstal Python dan modul Pygame. Anda dapat menginstal modul Pygame dengan menjalankan perintah pip install pygame di terminal atau command prompt.


Mengimpor Modul dan Membuat Layar

Kode pertama yang perlu kita tulis adalah untuk mengimpor modul yang diperlukan dan menginisialisasi Pygame. Selain itu, kita juga perlu menentukan warna yang akan digunakan dalam game dan mengatur ukuran layar.


Menggambar Ular dan Pesan Game Over

Selanjutnya, kita perlu menulis fungsi our_snake() untuk menggambar ular dan fungsi message() untuk menampilkan pesan saat permainan berakhir.



Loop Utama Permainan

Kemudian, kita perlu menulis loop utama permainan dalam fungsi gameLoop(). Loop ini akan berjalan selama permainan belum berakhir. Di dalam loop, kita akan menangani input dari pengguna, mengupdate posisi ular, menggambar elemen-elemen permainan, dan melakukan pengecekan tabrakan.



Memulai Permainan

Terakhir, kita perlu memanggil fungsi gameLoop() untuk memulai permainan saat program dijalankan.


Full Source Code

Untuk full source code game ular sederhana dengan Python silahkan dapat dilihat di bawah ini


Pembahasan Lengkap

  1. Kita mengimpor modul yang diperlukan: pygame, time, dan random. pygame digunakan untuk membuat game, time digunakan untuk mengatur kecepatan permainan, dan random digunakan untuk menghasilkan posisi acak untuk makanan ular.
  2. Kita menginisialisasi Pygame dengan memanggil pygame.init().
  3. Kita mendefinisikan beberapa konstanta warna yang akan digunakan dalam permainan, seperti WHITE (putih), BLACK (hitam), RED (merah), GREEN (hijau), dan BLUE (biru).
  4. Kita menentukan lebar dan tinggi layar dengan variabel screen_width dan screen_height.
  5. Kita menentukan ukuran blok ular (block_size) dan kecepatan gerak ular (snake_speed).
  6. Kita membuat layar permainan dengan menggunakan pygame.display.set_mode() dan memberi judul "Game Ular" dengan pygame.display.set_caption().
  7. Kita membuat beberapa objek font untuk menampilkan pesan saat permainan berakhir.
  8. Fungsi our_snake() digunakan untuk menggambar ular di layar. Fungsi ini menerima parameter block_size (ukuran blok ular) dan snake_list (daftar koordinat tubuh ular). Fungsi ini menggambar setiap blok tubuh ular menggunakan pygame.draw.rect().
  9. Fungsi message() digunakan untuk menampilkan pesan saat permainan berakhir. Fungsi ini menerima parameter msg (pesan yang akan ditampilkan) dan color (warna teks). Fungsi ini membuat teks dengan menggunakan objek font yang telah kita buat sebelumnya dan menempatkannya di layar dengan screen.blit().
  10. Fungsi gameLoop() adalah loop utama permainan. Di dalamnya, kita akan mengatur logika permainan, menangani input pengguna, menggambar elemen-elemen permainan di layar, dan melakukan pengecekan tabrakan.
a. Kita menggunakan dua variabel boolean, game_over dan game_close, untuk mengontrol status permainan.

b. Kita mengatur posisi awal ular (x1 dan y1) di tengah layar.


c. Kita menggunakan x1_change dan y1_change untuk mengatur perubahan posisi ular berdasarkan input pengguna.


d. Kita menggunakan snake_List untuk menyimpan koordinat tubuh ular dalam bentuk daftar.


e. Kita menggunakan foodx dan foody untuk menyimpan posisi makanan.


f. Di dalam loop utama, kita menangani input pengguna dan mengubah posisi ular berdasarkan input tersebut.


g. Kita melakukan pengecekan jika ular keluar dari batas layar. Jika ya, maka permainan berakhir dan game_close diubah menjadi True.


h. Kita mengupdate posisi ular dengan menambahkan x1_change dan y1_change ke x1 dan y1 serta menggambar elemen-elemen permainan di layar.


i. Kita mengecek jika ular menabrak dirinya sendiri dengan membandingkan setiap blok tubuh ular (snake_Head) dengan setiap elemen dalam snake_List. Jika ada tabrakan, permainan berakhir dan game_close diubah menjadi True.


j. Kita memanggil fungsi our_snake() untuk menggambar ular di layar.


k. Jika ular memakan makanan, kita menghasilkan posisi acak baru untuk makanan dan menambahkan panjang ular.


l. Kita mengatur kecepatan permainan dengan clock.tick(snake_speed).


11. Di luar loop utama, kita menghentikan Pygame dengan pygame.quit().

12. Terakhir, kita memanggil fungsi gameLoop() untuk memulai permainan saat program dijalankan.

Posting Komentar untuk "Membuat Game Ular Sederhana Menggunakan Python dan Pygame"